15 April 2013

Budidaya Ikan Gurame

http://choewoe-widi.blogspot.co.id/2013/04/tips-budidaya-ikan-gurame.html
Ikan Gurame ikan konsumsi air tawar paling mahal diantara patin,bawal,nila dan ikan mas,sehingga sangat menggiurkan.
itulah keuntungan membudidayakan ikan gurame karena harganya yang sangat mahal tetapi ada juga kelemahan  membudidayakan ikan gurame tersebut.
kelemahan ikan gurame adalah dengan pertumbuhannya yang lumayan lamban dibandingkan dengan ikan konsumsi lainnya.saya anjurkan kepada anda yang tertarik membudidayakan ikan gurame.

Ada dua cara yang anda lakukan dalam budidaya gurame :

1.Budidaya Total ikan gurame
2.Budidaya Ikan Gurame secara tumpang sari




1.Budidaya Total ikan Gurame

      Yaitu anda membudidayakan To' ikan gurame saja tidak dicampur dengan ikan lainnya,budidaya seperti ini mungkin memerlukan waktu yang lumayan lama sampai mencapai keuntungan(profit) karena dari benih yang baru netas sampai ukuran ikan daging(konsumsi) memerlukan waktu minimal 9-10 bulanan,bagi anda sebagai pemula mungkin terasa sangat lama dan biaya yang tidak sedikit.
berbeda bagi petani yang sudah berpengalaman/yang sudah berjalan(bergulir)ini mungkin tidak akan terasa karena sudah bisa dicetak tiap bulan panen.tetapi saya akui membudidayakan ikan gurame secara total seperti ini profitnya sangat menggiurkan.cara ini cocok bagi anda yang bermodal kuat karena ini memerlukan waktu 9-10 bulanan sampai ke ikan daging(konsumsi) kecuali anda hanya membudidayakan sampai ukuran silet,korek api dan roko tidak sampai kedaging.

2.Budidaya Ikan Gurame Secara Tumpang sari

http://choewoe-widi.blogspot.co.id/2013/04/tips-budidaya-ikan-gurame.html
  
Bagi anda sebagai pemula/coba2 mau beralih dari ikan konsumsi jenis lain ke ikan gurame, saya saran untuk melakukannya secara tumpang sari.
yaitu anda masih bisa membudidayakan ikan jenis lain dikolam tetapi anda juga bisa sambil membudidayakan ikan gurame.dengan cara anda menyiapkan waring diisi ikan gurame dan menempatkannya didekat tempat pemberian pakan jadi sisa-sisa pemberian pakan dapat dimakan oleh ikan gurame selain itu anda dapat mengisi waring dengan optimal karena ikan gurame bernapas dengan menggunakan labirin tidak seperti ikan nila dan mas yang menggunakan ingsang.
selain itu waktu tidak akan terasa dan anda masih bisa menghasilkan profit dari pembudidayaan ikan jenis lainnya.pakan tidak akan sebanyak bila anda membudidayakan ikan gurame secara total.karena ikan gurame hanya memakan pakan sisa yang menyebar ketika anda memberikan pakan pada ikan yang ada dikolam.
setelah beberapa waktu anda mungkin sudah bisa mengetahui karakteristik ikan gurame jadi sambil budidaya secara tumpang sari berjalan anda dapat mempelajari karakteristik ikan gurame.setelah itu baru anda bisa secara total beralih ke ikan gurame.ini sudah saya coba tumpang sari dengan ikan nila....
gambar diatas adalah gambar tumpang sari ikan gurame dengan ikan nila yang saya lakukan.

tetapi semua itu terserah pada anda sebagai pembudidaya mana yang menurut anda yang terbaik silahkan anda pilih sendiri.mau membudidayakan secara total atau tumpang sari semua ada kelebihan dan kekurangannya.




Note : Nice Camera :)....



No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya yang berkaitan/berhubungan dengan artikel yang ada.
Komentar yang berkaitan dengan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter