4 February 2013

BISNIS IKAN KONSUMSI


Saya mengamati bisnis benih ikan Kurang lebih selama hampir 20 tahunan lebih karena saya ikut melanjutkan bisnis ikan keluarga yang telah dirintis bapak saya yang dimulai sekitar tahun 1980an...sebelum saya lahir,
saya ikut merasakan pasang surutnya berbisnis ikan dimulai ikan mas,tawes,lele,patin,gurame,Nila (merah dan hitam),koi,komet,cupang,koki dan beberapa jenis ikan hias lainnya.

setelah saya analisa/amati berbagai bisnis ikan yang paling penting dari semuanya adalah Link usahanya,usaha saya mungkin bisa menghasilkan beberapa benih jenis ikan hias yang banyak tapi kami tidak tahu banyak link usahanya,cuma satu dua orang saja sehingga disaat kita bisa menghasilkan benih ikan lebih dari kuota kita bingung harus melemparkannya kemana...sedangkan benih ikan itu harus kita rawat dan itu memerlukan pakan dan sudah jelas biaya membengkak kecuali kita punya modal berlebih kita bisa menyimpan dulu sehingga saat sedang booming kembali kita bisa bermain dengan harganya.tapi kalau usaha dengan modal pas pasan...sulit untuk bertahan karena akan berbentrokan dengan kebutuhan ekonomi.
saya sarankan sebaiknya apabila anda hanya mempunyai modal pas pasan sebaiknya anda memelihara ikan untuk konsumsi dan biasanya ada beberapa pengepul yang menyediakan pakan dan benihnya jadi kita hanya menyediakan tempat usahanya plus tenaga.hasil panen pun sudah langsung di ambil pengepul tanpa kita harus ribet mencari pasar....
selain itu biasanya ikan konsumsi juga bisa kita jual sendiri kepasar-pasar tradisional atau ke tetangga sekitar rumah berbeda dengan ikan hias...,ikan hias biasanya cuma musim2an...jarang yang continue,tidak seperti ikan konsumsi walaupun kadang harga turun tetap ada yang beli.
itu sekelumit pengalaman saya tentang berbisnis ikan,semoga ini dapat menjadi masukan bagi anda yang akan memulai berbinis ikan skala kecil dengan dengan modal yang terbatas atau pas-pasan.
satu lagi masukan bagi anda,sebaiknya kalau sudah punya tempat usaha ikan dan sedikit modal,sebaiknya anda lebih baik survei tentang permintaan pasar atau link usahanya yang bisa anda percaya,baru anda bisa mulai produksi/mulai menanam benih ikan.
jangan sampai seperti dulu waktu gembar gembor lobster air tawar,banyak yang memelihara dan ketika kita booming lobsternya kita bingung mau ngejual kemana.....??
jadi intinya mau anda usaha apapun itu...link pasar/usaha dahulu yang paling penting(yang mesti anda ketahui)...
Ini Hanya Sekedar Masukan Bagi Anda Semua,Saya cuma ingin berbagi pengalaman.....
Terima kasih telah mengunjungi Blog saya....Sukses Selalu Bagi Anda semua...:).....



Note : Nice Camera :)

4 comments:

  1. Terima kasih tipsnya mas.. bermanfaat sekali bagi saya yang baru mau terjun di usaha ini. Terus menulis mas.. salam.

    ReplyDelete
  2. Makasih juga mas....
    semoga bermanfaat...:)...

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat mas!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih,semoga bermanfaat bagi qt semua mas...:)...

      Delete

Tolong komentarnya yang berkaitan/berhubungan dengan artikel yang ada.
Komentar yang berkaitan dengan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter