4 July 2012

MANFAAT BIJI SAGA


Pohon saga areuy/rambat didaerah saya banyak di temui di halaman rumah penduduk sekitar kampung saya,mereka menanam saga untuk dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara melembutkan daun saga bisa dengan cara diblender atau langsung dikunyah campur sedikit air lalu dikumur-kumur selama 1 menit dan dibuang jangan langsung ditelan...he...,pastikan sebelum itu cuci daun saga sampai bersih.
selain daunnya sebagai obat ternyata biji saga bisa digunakan sebagai bahan kerajinan tangan,waktu saya kecil dulu pas bikin wayang-wayangan dari tanah liat biasanya saya dan teman-teman menggunakan biji saga sebagai mata buat wayang-wayangan tersebut.


Bentuk Biji saga areuy/rambat kecil berwarna merah dan ada warna hitamnya...ternyata bisa juga bermanfaat sebagai pengusir serangga.dan serbuk biji saga ternyata mengandung senyawa aktif tanin dan taksalbumin.Daya kerja kedua senyawa tersebut itu mirip dengan bisa ular.campuran ekstrak biji saga dengan air dan aseton menjadi racun buat serangga.serangga yang terkena larutan ini langsung end...he...sedangkan campuran serbuk biji saga dengan tepung terigu juga mampu mengusir kutu beras.taburkan campuran serbuk tersebut disekitar tempat penyimpanan beras.Sampai 3 bulan beras anda akan terhindar dari kutu.
Oh ya....Tanaman saga itu ada dua jenis yaitu saga rambat ( areuy) atau nama latinnya Abrus precatorius dan saga pohon Adenanthera pavonina,biji saga pohon lebih besar dari pohon saga rambat dan berwarna merah cerah tanpa bintik hitamnya dan pohonnya biasanya digunakan sebagai bahan bangunan atau mebeul.
Manfaat yang saya jelaskan diatas adalah manfaat dari saga areuy/rambat yang banyak ditemui disekitar halaman rumah yang biasa ditanam dipagar atau pot..
demikian ulasan saya tentang pohon saga dan khasiatnya,semoga bermanfaat bagi anda.Dan terima kasih telah mengunjungi blog ini...:)

Note : Nice Camera :)...

Mau tau Teknik pembenihan ikan nila merah atau Nila hitam yang baik silahkan click Disini

9 comments:

  1. Whaudhuh, makasih buangeth aku mau coba, soalnya dirumahku jualan beras kalo dah satu karung kena yang lainnya bakalan ketularan repot-repot. makasih ya

    ReplyDelete
  2. klo blh tau beli biji saga dmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika berminat dengan biji saga hubungi sukesi 085235509117 jawa timur

      Delete
    2. jika berminat dengan biji saga hubungi sukesi 085235509117 jawa timur

      Delete
  3. maaf mba saya kurang begitu hapal yang jual biji saga tapi kalo di tempat saya,saya suka menanam tanaman saga di pagar halaman rumah jd tidak banyak cukup sebagai tanaman obat bila diperlukan....
    mungkin ada pembaca lain yang mengetahuinya,silahkan hubungi mbak vetty...:)....
    terima kasih telah mengunjungi blog saya...:)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah mulai panen walau belum terlalu banyak....lagi dikeringkan dulu (o813 166 166 92 - nono )

      Delete
  4. Di artikelnya disebut biji ini mengandung racun yg bisa di manfaatkan untuk obat serangga, tapi sebaiknya ditekankan juga bahayanya untuk manusia karena racun abrin didalam biji ini sangat mematikan dan tdk ada obatnya... Jd sebaiknya hati2 klo ada yg mau pakai untuk mengusir kutu beras...

    ReplyDelete
  5. Untuk mengusir kutu bung bung bisa gak

    ReplyDelete

Tolong komentarnya yang berkaitan/berhubungan dengan artikel yang ada.
Komentar yang berkaitan dengan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter