10 January 2013

Diskus Mogok Bertelur

Apabila anda peternak discus dan mengalami ikan discus mogok bertelur atau telurnya dimakan oleh indukan,saya punya beberapa tips yang bisa anda coba praktekan.dan cara merawat telur hingga menetas plus pakan apa yang baik.
caranya adalah :

  1. jika pasangan induk itu tidak mau bertelur sebaiknya anda mengembalikan kedua indukan tersebut ke aquarium besar yang sudah berisi 3 atau 4 indukan jantan...diamkan hingga indukan yang betina dapat memilih sendiri pasangannya.setelah dapat baru anda dapat memijahkan indukan tersebut di aquarium terpisah.
  2. Agar telur tidak dimakan oleh indukan,sebaiknya anda periksa kualitas airnya.karena ikan discus membutuhkan kualitas air tertentu sehingga mau bertelur.Dihabitat aslinya di sungai Amazone dibenua amerika,ikan discus hidup di kualitas air agak masam,ph nya sekitar 6,0-6,2 dengan tingkat kekerasan air atau hardness soft sekitar 0 - 1.terus anda juga harus menjaga suhu air dengan kisaran 25 - 30 derajat celsius.faktor lainnya adalah amonia yang harus dibawah satu.buatkan tempat bersarang berupa pot yang diletakan terbalik atau potongan pipa PVC yang diletakan vertikal.telur ikan discus biasanya menetas setelah dua hari dan larva ikan mulai berenang bebas saat berumur 3 hari setelah menetas.larva yang sudah bisa berenang akan menepel pada tubuh sang induk untuk memakan mucus ( semacam lendir hasil sekresi dari induk ).
  3. Diskus menyukai pakan hidup berupa cacing sutra,cacing darah,jentik nyamuk,dan kutu air.karena pakan hidup mengandung enzim - enzim yang dibutuhkan ikan discus selama bertelur
semoga beberapa masukan saya diatas bisa mengatasi keluhan para peternak ikan diskus....
semoga bermanfaat....:)....

No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya yang berkaitan/berhubungan dengan artikel yang ada.
Komentar yang berkaitan dengan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter