14 January 2013

Tumbuhan Obat Dan Khasiatnya


 
 Kembang Telang


A.Nama

1.      Nama Ilmiah   : Clitoria ternatea L.
2.      Nama Daerah  : Bunga Biru (Melayu),Kembang Telang/Teleung (Sunda),Kembang Teleng(Jawa),Bunga Temen Raleng (Bugis)
3.      Nama Asing    : Butterfly Pea (Inggris),Die Dou (Cina)

B.Kandungan Kimia Dan Efek Marfologis

            Kembang telang mempunyai akar yang beracun.Beberapa bahan kimia yeng terkandung pada kembang telang diantaranya saponin,alkaloid,flavonoid,ca-oksalat dan sulfur.Dan daun tumbuhan ini mengandung kaemferol 3-glucoside,dan triferperroid.Sedangkan bunganya mengandung delphirridin 3,3’,5’,triglucoside dan fenol.
            Efek farmakologis yang dimiliki oleh akar kembang telang diantaranya laxative (pencahar),diuretic,perangsang muntah,dan pembersih darah.Daun kembang telang dapat mempercepat pematangan bisul,sedangkan bijinya dapat digunakan sebagai obat cacing dan pencahar ringan.


C.Perbanyak dan Perawatan Tumbuhan

            Memperbanyak tumbuhan kembang telang dapat dilakukan dengan menanam bijinya,sedangkan perawatan cukup dengan disiram air dan menjaga kelembaban tanah dan di beri pupuk organik secukupnya….

D.Bagian Tumbuhan yang digunakan dan Pemanfaatnya

            Seluruh bagian tumbuhan kembang telang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit.

1.      Abses dan Bisul

Tumbuk halus bunga kembang telang berwarna biru secukupnya,lalu tambahkan gula jawa secukupnya.Gunakan kedua bahan tersebut untuk menurap bisul atau abses.Selain itu,rebus akar kembang telang putih,lalu minum air rebusannya.Air rebusan ini bermanfaat untuk bermanfaat untuk mencuci darah.

2.      Demam,menghilangkan dahak pada bronchitis kronis,iritasi kandung kemih,dan saluran kencing.

Rebus 0,3 akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas.Setelah dingin,saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing –masing 1 gelas.

3.      Radang Mata Merah

Rebus bunga kemabang telang yang berwarna biru secukupnya kedalam 1 gelas air hingga air rendaman jadi biru.Gunakan air rendaman untuk mencuci mata.

4.      Sakit Telinga

Cuci bersih daun kembang telang,lalu lumatkan.Ambil air perasannya,tambahkan garam,lalu oleskan disekitar telinga yang sakit saat masing hangat.

No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya yang berkaitan/berhubungan dengan artikel yang ada.
Komentar yang berkaitan dengan spam akan dihapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter